Senin, 10 Oktober 2011

Boyolali Masuk Kota Kecil Terbersih Nasional



Boyolali (ANTARA News) - Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, terpilih menjadi salah satu kota kecil terbersih nasional dan mendapatkan penghargaan Adipura 2011 yang keenam kali berturut-turut.

"Boyolali bukan hanya bersih kotanya, tetapi juga bersih hatinya, sehingga pemerintah memberikan penghargaan Adipura yang keenam kalinya secara berturut-turut," kata Bupati Boyolali Seno Samudro, di Boyolali, Sabtu.

Menurut bupati, menerima penghargaan Adipura untuk Kota Boyolali dinilai wajar, tetapi penilaian kali ini lain dengan tahun-tahun sebelumnya. Karena, bukan hanya kotanya saja yang bersih, tetapi pemeritahan dan masyarakatnya juga demikian.

Sehingga, kata bupati, daerah yang menerima Adipura 2011 ini hanya di bawah 50 kota, sedangkan pada tahun-tahun sebelumnya yang mendapatkan penghargaan lebih dari 100 kota.

Kendati demikian, ia menyampaikan penghargaan kepada masyarakat yang ikhlas dan sadar menjaga lingkungan masing-masing agar tetap lestari.

Selain itu, bupati juga menyampaikan penghargaannya kepada petugas kebersihan kota yang secara ikhlas menjaga kebersihan di lingkungan kota setiap hari.

Oleh karena itu, Pemkab tahun 2011 ini tidak mengkirabkan penghargaan kebersihan Adipura keliling Kota Boyolali, tetapi anggaran bisa digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan petugas kebersihan.

Bupati menjelaskan, Adipura adalah salah satu program Kementerian Lingkungan Hidup untuk membantu pemerintah daerah meningkatkan kemampuan dalam pengelolaan lingkungan hidup di daerahnya dalam rangka mencapai Tata Praja Lingkungan.

Sasaran dari program Adipura adalah terwujudnya pemerintahan yang baik (good governance) dan lingkungan yang baik (good environment).

Tata Praja Lingkungan merupakan bagian dari upaya mewujudkan kepemerintahan yang baik, inti dari penerapan tata praja lingkungan dengan penguatan sistem koordinasi.

Sehingga, pemerintah bisa mendapatkan respon (tanggapan) yang tepat untuk penyelesaian masalah-masalah lingkungan yang mendesak.

Kendati demikian, bupati tetap berharap kepada masyarakat tetap mampu menjaga lingkungan bersih dan lestari. Tanaman yang hijau tetap dijaga agar Adipura sudah menjadi langganan Bagi Boyolali.

(B018/A035)

Editor: Suryanto

http://www.antaranews.com/berita/262473/boyolali-masuk-kota-kecil-terbersih-nasional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar